Selasa, 04 Oktober 2011

ciri masyrakat ilmiah

1. Kritis: Setiap insan akademik harus senantiasa mengembangkan sikap senantiasa ingin tahu untuk selanjutnya diupayakan jawaban dan pemecahan melalui suatu kegiatan ilmiah penelitian.
2. Kreatif: Senantiasa mengembangkan sikap inovatif, berupaya menemukan sesuatu yang baru yang bermanfaat bagi masyarakat.
3. Ojektif: Kegiatan ilmiah yang dilakukan haruslah benar-benar berdasarkan pada suatu kebenaran ilmiah, bukan karena kekuasaan, uang, atau ambisi pribadi.
4. Analitis: Suatu kegiatan ilmiah harus dilakukan dengan suatu metode ilmiah.
5. Konstruktif: Kegiatan ilmiah yang merupakan budaya akademik harus benar-benar mampu mewujudkan suatu karya baru yang memberikan asas kemanfaatan bagi masyarakat.
6. Dinamis: yang berarti ciri ilmiah sebagai budaya akademik harus senantiasa dikembangkan terus-menerus.
7. Dialogis: Dalam proses transformasi ilmu pengetahuan dalam masyarakat akademik harus memberikan ruang pada peserta didik untuk mengembangkan diri, melakukan kritik serta mendiskusikannya.
8. Menerima kritik: Ciri ini sebagai suatu konsekuensi suasana dialogis, yaitu setiap insan akademik harus senantiasa bersifat terbuka terhadap kritik.
9. Menghargai prestasi Ilmiah/akademik: Masyarakat intelektual akademik harus menghargai prestasi akademik, yaitu prertasi dari suatu kegiatan ilmiah.
10. Bebas dari prasangka: Budaya akademik harus mengembangkan moralitas ilmiah yaitu harus mendasarkan kebenaran pada suatu kebenaran ilmiah.
11. Menghargai waktu: Masyarakat intelektual harus senantiasa memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin, terutama demi kegiatan ilmiah dan prestasi.
12. Memiliki dan menjunjung tinggi tradisi ilmiah: Masyarakat akademik harus benar-benar memiliki karakter ilmiah sebagai inti pokok budaya akademik.
13. Berorientasi ke masa depan: Masyarakat akademik harus mampu mengantisipasi suatu kegiatan ilmiah ke masa depan dengan suatu perhitungan yang cermat, realistis dan rasional.
14. Kesejawatan/kemitraan: Masyarakat ilmiah harus memiliki rasa persaudaraan yang kuat untuk mewujudkan suatu kerja sama yang baik.

sumber: dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar