Senin, 19 September 2011

Friedrich Wilhelm Ostwald

Friedrich Wilhelm Ostwald (bahasa Latvia: Vilhelms Ostvalds; lahir 2 September 1853 – meninggal 4 April 1932 pada umur 78 tahun) adalah seorang kimiawan Jerman. Ia menerima penghargaan Nobel untuk Kimia pada tahun 19909 untuk pekerjaannya di bidang katalisis, ekuililbria kimia dan kecepatan reaksi. Ostwald, Jacobus Henricus van 't Hoff, dan Svante Arrhenius biasanya disebut sebagai pendiri kimia fisik modern.
Biografi
Awal tahun
Ostwald lahir etnis Baltik Jerman di Riga, menguasai-kaleng Gottfried Wilhelm Ostwald (1824-1903) dan Elisabeth Leuckel (1824-1903). Dia adalah tengah dua bersaudara, Eugen (1851-1932) dan Gottfried (1855-1918). Ostwald lulus dari University of Tartu, Estonia, pada tahun 1875, menerima gelar Ph.D. ada pada tahun 1878 di bawah bimbingan Carl Schmidt, dan mengajar di Tartu 1875-1881 dan di Riga Polytechnicum 1881-1887.
Penelitian
Wilhelm Ostwald biasanya dikreditkan dengan penemuan proses Ostwald (paten 1902), digunakan dalam pembuatan asam nitrat, meskipun kimia dasar telah dipatenkan sekitar 64 tahun sebelumnya oleh Kuhlmann, saat itu mungkin hanya kepentingan akademis karena kurangnya sumber signifikan amonia. Yang mungkin masih menjadi keadaan tahun 1902, meskipun hal itu akibat perubahan drastis pada paruh kedua dekade ini sebagai hasil kerja Haber dan Bosch pada nitrogen mereka memperbaiki proses (diisi oleh 1911 atau 1913). Tanggal 1908 (enam tahun setelah paten) sering diberikan untuk penemuan proses Ostwald, dan mungkin bahwa perkembangan termotivasi untuk melakukan pekerjaan tambahan untuk mengkomersilkan proses dalam kerangka-waktu. Atau, mungkin hanya enam tahun telah interval birokrasi antara pengajuan paten dan waktu yang diberikan.
Jacobus van 't Hoff (kiri) dan Wilhelm Ostwald
Kombinasi dari kedua terobosan segera menghasilkan produksi lebih ekonomis dan lebih besar-besaran pupuk dan bahan peledak, dimana Jerman adalah untuk menemukan sendiri sangat membutuhkan selama Perang Dunia I. Ostwald juga melakukan pekerjaan yang signifikan pada teori pengenceran yang mengarah ke penemuan hukum cairan yang dinamai menurut namanya. Ostwald's aturan menyangkut perilaku polimorf. Mol kata, menurut Gorin, diperkenalkan ke kimia sekitar tahun 1900 oleh Ostwald. Ostwald satu mol didefinisikan sebagai berat molekul zat dalam gram massa. Konsep ini terkait dengan gas ideal, menurut Ostwald. Ironisnya, pengembangan Ostwald tentang konsep mol berhubungan langsung dengan oposisi filosofis kepada teori atom, terhadap yang ia (bersama dengan Ernst Mach) adalah salah satu holdouts terakhir. Dia menjelaskan dalam sebuah percakapan dengan Arnold Sommerfeld bahwa ia diubah oleh eksperimen Jean Perrin di Gerak brown. Ostwald adalah anggota Komite Internasional tentang Atom Bobot. Sebagai konsekuensi dari Perang Dunia I ini keanggotaan berakhir pada tahun 1917 dan tidak dilanjutkan setelah perang. Laporan Tahunan 1917 komite tersebut berakhir dengan catatan biasa:.. "Karena perang di Eropa Komite telah memiliki banyak kesulitan di jalan korespondensi Anggota Jerman, Profesor Ostwald, belum pernah mendengar dari dalam hubungannya dengan laporan ini Mungkin sensor huruf, baik di Jerman atau perjalanan, telah menyebabkan "keguguran.
Selain karyanya dalam kimia, Wilhelm Ostwald sangat produktif dalam berbagai bidang yang sangat luas. Karyanya diterbitkan, yang mencakup berbagai tulisan-tulisan filosofis, mengandung sekitar empat puluh ribu halaman. Ostwald juga terlibat dalam gerakan perdamaian Berta von Suttner.
Di antara kepentingan yang lain, Ostwald adalah seorang pelukis amatir yang penuh gairah yang membuat pigmen sendiri, dan yang mengembangkan minat yang kuat dalam teori warna dalam dekade kemudian dalam hidupnya. Dia menulis beberapa publikasi di lapangan, seperti nya Malerbriefe (Surat ke Painter, 1904) dan Die Farbenfibel (The Color Primer, 1916). Karyanya dalam teori warna dipengaruhi oleh Henry Albert Munsell, dan pada gilirannya Paul Klee dipengaruhi dan anggota De Stijl, termasuk Piet Mondrian . Dia juga tertarik dalam gerakan bahasa internasional, pertama kali belajar Esperanto, kemudian menjadi sebuah Idist. Ostwald mengadopsi filsafat Monisme sebagai lanjutan oleh Ernst Haeckel dan menjadi Presiden dari Aliansi monistik pada tahun 1911. Dia menggunakan forum Aliansi untuk mempromosikan Sosial Darwinisme, egenetika dan euthanasia. Ostwald's Monisme dipengaruhi identifikasi Carl G. Jung jenis psikologis. Dia adalah salah satu direktur lembaga Brücke Die di Muenchen.Ia muncul sebagai karakter di tahun 2010 novel Joseph Skibell's, A Romantic Dapat Diobati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar