Jumat, 26 Agustus 2011

Tips kamera digital lebih berumur panjang


1.Lindungi kamera anda. Caranya, carilah tas kamera yang bagus, bahannya berkualitas, dan sesuai dengan ukuran kamera. Disarankan anda membeli tas yang berbahan waterprof dan berdesain compact yang akan memudahkan dibawa saat berpergian.
2.Hindari goresan pada lensa. Solusinya anda dapat menggunakan jenis filter ultraviolet (UV) atau filter skylight untuk memproteksi kamera. Sementara itu, untuk mencegah goresan di bagian belakang lensa, sebaiknya selalu memasang bodycup pentup saat lensa dilepas dari badan kamera.
3.Bersihkan kamera dan lensa secara berkala. Untuk membersihkan bagian luar fisik kamera, anda dapat menggunakan lap kering berbahan lembut dan bersih. Untuk bagian dalam dan elemen-elemen kecil, anda bisa memakai blower yang banyak dijual di toko kamera. Selain tiu, saat mengelap lensa, anda dapat memakai tissue khusus untuk kamera.
4.Hindari kontak langsung denga sinar matahari ataupun hujan, karena dapat merusak komponen-komponen elektronik dan bagian kamera bermaterial plastik dan karet. Jadi ketika anda menggunakan saat cuaca terik, tutupi badan kamera dengan handuk tipis. Sebaliknya, ketika cuaca dingin, anda dapat memakai kantong plastik yang cukup untuk badan kamera yang telah dilubangi untuk lensanya.
5.Rawatlah baterai dan kartu memori. Sebaliknya, baterai dikeluarkan saat kamerea tidak dipakai. Jangan pernah mengeluarkan baterai dan/atau kartu memori ketika kamera masih dihidupkan karena dapat memperpendek umur kamera.
Sumber; koran kompas, tanggal 26 agustus 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar