Minggu, 28 Agustus 2011

9 Langkah Ini Bikin Hidup Anda Sehat


PERUBAHAN gaya hidup membawa dampak bagi kesehatan seseorang. Selain mudah terserang penyakit dengan berbagai makanan siap saji yang diasup, kurangnya aktivitas fisik dan seringnya mereka tidur malam menjadi penyebab tubuh kurang bugar.
Nah, jika ingin tetap bugar di tengah himpitan rutinitas yang tinggi, Times of India memberikan kiatnya.
Selalu aktif setiap hari
Ngegym mungkin bukanlah sebuah agenda yang semua orang sukai karenanya agenda ini termasuk yang sepi peminat. Kalau Anda enggan melakukan agenda ini, usahakan untuk selalu terlibat aktivitas fisik dalam rutinitas Anda. Kita semua tahu bahwa berolahraga dalam bentuk apapun sangat penting untuk kebugaran seseorang.
Untuk menjaga Anda tetap bugar, maka Anda dapat melakukan cara-cara sederhana, misalnya menghindari penggunaan lift dan eskalator dan beralih ke tangga, melakukan pekerjaan rumah tangga, mengajak anjing berjalan-jalan, bermain dengan anak-anak Anda, dan kegiatan fisik lainnya.
Makan yang benar dan tetap jaga kecantikan
Membuat pilihan sehat dalam diet Anda adalah awal yang baik dari tubuh yang bugar. Untuk tetap terjaga kebugarannya, pilihlah makanan yang bernutrisi tinggi demi kesehatan tubuh. Makanlah dalam porsi yang kecil, namun sesuai dengan jadwal makan yakni tiga kali sehari.
Jangan lupa, perhatikan pula asupan gizi dalam harian Anda. Ahli gizi Deepshikha Agarwal mengatakan, minum air putih dengan jumlah sedikit adalah sebuah kesalahan besar. Karenanya, cukup kandungan cairan dalam tubuh Anda sehingga stamina tubuh tetap terjaga.
Jangan lupa, hindarilah makanan yang digoreng, burger dan daging olahan lainnya, produk susu olahan seperti keju dank rim. Jika ingin mengonsumsinya pilihlah yang versi rendah lemak. Tinggalkan pula mayones, mentega, dan saus dalam sandwich Anda.
Canangkan "no smooking" dalam hidup Anda
Kita semua tahu bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan, karenanya perlu kita hindari kebiasaan yang mematikan ini. Anda tentu tidak ingin terkena kanker dan penyakit lain yang mengancam nyawa Anda bukan?
Jadi, meskipun hal tersebut sulit untuk dilakukan, sebaiknya jangan pernah menyerah untuk melakukannya. Kurangi asupan Anda setiap hari dan tetapkan tujuan untuk memimpin hidup Anda bebas dari asap rokok.
Hilangkan stres dari hidup Anda
Ini hanyalah hal yang paling penting Anda lakukan. Menghilangkan stres sama sekali dalam hidup memang bukan hal yang mudah. Hanya saja, mengatur kehidupan dengan lebih baik akan membuat Anda terminimalisir dari stres.
Instruktur yoga Keya Ray mengatakan, "Berlatih yoga dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu meminimalisir stres. Hal ini tidak hanya membuat tubuh fit, tapi juga aktif dan menjaga pikiran tetap aktif."
Selain itu, Anda pun dapat menghabiskan waktu di spa untuk pijat dan hair spa. Ini adalah ide bagus untuk mencegah stres mampir di tubuh Anda.
Waspadalah terhadap polusi
Hal ini bisa menjadi sebuah tantangan, tetapi Anda pun dapat mencobanya dengan menghindari daerah-daerah yang sangat tercemar agar polusi tidak mengontaminasi tubuh.
Jauhi pesta minuman keras
Kita tahu bahwa penelitian membuktikan bahwa segelas anggur sesekali memang dapat membantu melindungi penyakit jantung. Tapi jika Anda terus-menerus menenggak minuman tersebut dan tidak tahu kapan harus berhenti, maka bersiaplah mengalami masalah serius dengan kesehatan Anda.
Berpikir positif
Memiliki pandangan positif terhadap kehidupan merupakan kunci penting agar hidup terasa lebih rileks. Psikolog Seema Hingorrany berkata, "Apa yang inginkan adalah apa yang Anda pikirkan. Jadi, kelilingi selalu orang-orang positif dalam diri Anda. Hal ini akan sangat membantu."
Luangkan waktu yang berkualitas dengan teman dan keluarga
Ketika Anda menghabiskan saat-saat bahagia dengan keluarga dan teman-teman, maka akan ada perasaan katarsis (pembersihan) dalam diri. Psikolog mengatakan, bahwa menghabiskan waktu dengan orang-orang yang Anda sayangi dapat membantu reaksi bahan kimia di otak sehingga Anda merasa lebih baik.
Tidur cukup
Mungkin Anda akan sangat terkejut. Tetapi tidur yang cukup akan menciptakan keajaiban bagi kesehatan fisik dan mental. Dengan istirahat yang cukup, maka perasaan jengkel dan kesal di tubuh akan terminimalisir.
sumber: msn.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar